Artikel Pendidikan untuk Siswa Indonesia

Banyak baca, banyak belajar, biar pandai. Dapatkan informasi seputar terbaru seputar dunia pendidikan di Indonesia

Pentingnya Perpustakaan Sekolah bagi Siswa

perpustakaan sekolahFasilitas apa yang wajib ada di sekolah? Lapangan olahraga dan laboratorium menduduki urutan teratas yang kemudian disusul oleh perpustakaan. Hampir setiap sekolah menyediakan satu perpustakaan untuk para siswa. Ngomong-ngomong, berdasarkan KBBI, perpustakaan diartikan sebagai tempat, gedung, ruang yg disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku dsb.

Sayangnya, saat ini keberadaan perpustakaan dianggap sebagai pelengkap fasilitas sekolah saja. Dengan kata lain, komponen-komponen di dalam sekolah tidak memfungsikannya secara optimal, baik itu oleh siswa, guru, maupun staf administrasi khususnya di perpustakaan tersebut.

Menyediakan referensi dan bahan pustaka

Pada dasarnya, perpustakaan berfungsi sebagau sumber referensi dan bahan pustaka melalui koleksi buku-buku yang berguna dan sesuai dengan kurikulum pada saat itu. Siswa yang tengah mencari materi terkait pelajaran tertentu dapat ke perpustakaan untuk menemukannya. Sebagaimana yang kita ketahui, semakin ke sini, siswa semakin dituntut untuk bersifat aktif dengan mencari bahan pustaka sendiri. Terlebih saat mereka diminta guru untuk berdiskusi dan mempresentasikan materi di kelas. Buku-buku yang ada di perpustakaan dapat menjadi referensi mereka.

Meningkatkan minat baca siswa

Berdasarkan penelitian, rata-rata jumlah pengunjung perpustakaan di sekolah yang saya kunjungi terbilang sangat minim. Jika diartikan, fakta tersebut menujukkan bahwa minat baca siswa sangat kurang. Di samping itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, siswa belum memanfaatkan keberadaan perpustakaan dengan baik.

Nah, dengan adanya perpus ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa mengingat pentingnya hal ini. Bukankah buku adalah jendela dunia?

Sudah sewajarnya pihak sekolah mengambil langkah khusus guna menarik siswa untuk datang, membaca, dan meminjam buku ke perpustakaan. Contohnya? Menyediakan bacaan yang menarik dan up-to-date. Selain itu, para pustakawan perlu melakukan promosi dengan maksimal agar semakin banyak siswa yang tertarik.

Menjadi wadah karya tulis siswa

Perlu diketahui bahwasanya perpustakaan juga berperan penting dalam menampung hasil karya tulis siswa di sekolah tersebut. Maksudnya, murid yang memiliki bakat, minat, dan keahlian dalam menulis dapat memberikan sumbangsihnya berupa suatu karya tulis agar dapat dipajang di perpustakaan. Bukan sekedar pajangan, hasil karya tulis tersebut bisa menjadi inspirasi bagi siswa lainnya.

Pada mata pelajaran tertentu, siswa diminta guru untuk membuat makalah atau kliping. Nah, setelah usai digunakan, hasil karya tersebut diletakkan di perpustakaan. Siapa tahu bisa menjadi referensi bagi siswa lain atau penerusnya.

Memberikan hiburan di waktu luang siswa

Perpustakaan tidak semata-mata menjadi sarana belajar dan pusat informasi bagi para siswa sekolah, melainkan juga memiliki fungsi rekreatif. Di perpustakaan, tersedia pula buku-buku fiksi dan non-fiksi serta bacaan menarik sebagai hiburan siswa yang mengunjunginya. Mereka dapat berkunjung mencari bacaan dikala jam kosong pelajaran atau waktu istirahat.

Kendatipun memilik fungsi rekreatif, perpustakaan sewajarnya tetap mempertahankan dan mengutamakan mutu bacaan. Dengan demikian, buku-buku yang tersedia meski memberikan hal positif pada pembacanya.

Berdasarkan penjelasan di atas, bukankah dapat disimpulkan bahwa perpustakaan memiliki peranan yang sangat penting untuk perkembangan siswa dan penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah? Oleh karena itu, manfaatkan keberadaan perpustakaan sebaik-baiknya!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *